Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengadakan rekrutmen atau seleksi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di tahun 2021 yang akan datang. Tentunya agar mempelajari Bahan/Materi serta Kisi-kisi Seleksi PPPK tahun 2021 yang rencana akan disediakan kemendikbud melalui laman gtk.kemendikbud.
Sebelum admin membagikan
contoh atau Latihan Soal Tes Seleksi
PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021, berikut ini sedikit
pengetahuan tentang pelajaran geografi. Ada beberapa gagasan dasar sebagai
latar keberadaan mata pelajaran geografi jenjang SMA/SMK serta terdapat konten
geografi di IPS SMP. Pertama, bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan
proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan
lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Kedua, Mata pelajaran
Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi
dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi.
Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk
pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan
bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk
menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi persepsi manusia tentang
tempat dan wilayah. Ketiga, pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang
diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan
peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab
dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis.
Seidaknya terdapat lima
nilai yang terkadung dari latar keberadaan mata pelajaran Geografi. Kelima
nilai tersebut adalah kreatif, kritis, cerdas, arif, dan tanggung jawab dalam
menghadapi masalah sosial, ekonomi dan ekologis. Cerdas berarti peserta didik
dapat memecahkan masalah-masalah di lingkungannya. Arif berarti peserta didik
dapat menggunakan nilai-nilai universal maupun lokal untuk menyelesaikan
permasalahan. Tanggung jawab berarti ada keberanian untuk mengambil keputusan
dan siap menanggung resiko yang yang terjadi atas keputusannya. Dengan demikian
pembelajaran geografi yang ideal dapat mengembangkan pemahaman peserta didik
tentang kegeografian dan memupuk sikap aktif, kretif, kritis, cerdas, arif dan
tanggung jawab terhadap masalah-masalah kegeografian.
Apakah pembelajaran geografi
sudah dapat berfungsi demikian? Jika melihat hasil studi yang dilakukan oleh
mahasiswa dalam tugas akhir dapat dibaca secara faktual pembelajaran geografi
di sekolah. Pertama, pembelajaran masih kurang menggunakan paradigma baru dan
bermakna bagi siswa. Kedua, pembelajaran masih menitikberatkan pada aspek
pengetahuan untuk menyiapkan ujian, bukan membejarkan siswa membangun
kompetensi.
Mengapa kinerja pembelajaran
geografi belum dapat memenuhi harapan yang ideal tersebut? Ada sejumlah faktor
penyebab, yaitu (1) kompetensi guru geografi yang masih perlu peningkatan. (2)
Infrastruktur sekolah yang perlu penambahan. (3) budaya inovasi dalam
pembelajaran perlu peningkatan. (4) komitmen yang sungguh-sunguh untuk melakukan
pembelajaran yang efektif.
Merujuk pada standar isi
mata pelajaran geografi yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP, 2006), tujuan mata pelajaran geografi adalah:
(1).
Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan
(2).
Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan
dan menerapkan pengetahuan geografi
(3).
Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber
daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya
masyarakat.
Tujuan tersebut tidak hanya
mencakup aspek kognitif berupa pengetahuan peserta didik tentang pola spasial,
lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan, tetapi juga mencakup
aspek psikomotorik yang berupa keterampilan untuk memperoleh,
mengkomunikasikan, dan menerapkan pengetahuan yang diperolehnya, serta cakupan
aspek afektif yang berupa kepedulian pada lingkungan dan toleransi terhadap
keragaman budaya tempat siswa berada.
Melaluipembelajaran geografi
diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik agar menjadi sosok
dengan berkualifikasi (1) berpengatahuan luas dan rasa ingin tahu yang tinggi
terhadap pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan.
(2) memiliki kepedulian yang tinggi pada masalah-masalah lingkungan hidup,
sosial, dan budaya. (3) memiliki sikap dan perilaku pro aktif terhadap
perubahan informasi geografis. (5) memiliki sikap yang toleran terhadap
keragaman budaya. (6) mampu mengkomunikasikan informasi geografis dengan baik.
(7) memiliki kesadaran untuk perbaikan secara terus menerus atas kekuran yang
dimilikinya.
Ruang lingkup mata pelajaran
Geografi meliputi Konsep dasar, pendekatan, dan prinsip dasar Geografi; Konsep
dan karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer,
pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran
spasialnya; Jenis, karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam
(SDA) dan pemanfaatannya
Jumlah, pertumbuhan,
komposisi, penyebaran, dan permasalahan penduduk dan dampaknya; Karakteristik,
unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup,
pemanfaatan dan pelestariannya; Kajian wilayah negara-negara maju dan sedang
berkembang; Konsep wilayah dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta
fungsi dan manfaatnya dalam analisis geografi; dan Pengetahuan dan keterampilan
dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi Geografis
(SIG) dan citra penginderaan jauh.
Berikut ini Link Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi (IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021 ----disini----
Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi
(IPS) SMP SMA SMK Tahun 2021. semoga ada manfaatnya, terima kasih.
EmoticonEmoticon