Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru mata pelajaran IPS Tahun 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengadakan rekrutmen atau seleksi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di tahun 2021 yang akan datang. Tentunya agar mempelajari Bahan/Materi serta Kisi-kisi Seleksi PPPK tahun 2021 yang rencana akan disediakan kemendikbud melalui laman gtk.kemendikbud.
Sebelum
admin membagikan contoh atau Latihan
Soal Tes Seleksi PPPK Guru mata pelajaran IPS Tahun 2021, berikut ini
penjelasan tentang ruang lingkup mata pelajaran IPS SMP. Mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP dan MTs merupakan salah satu mata pelajaran
yang wajib ditempuh oleh siswa SMP dan MTs. IPS pada kurikulum sekolah (satuan
pendidikan), pada hakikatnya merupakan mata pelajaran wajib sebagaimana
dinyatakan dalam UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada pasal 37 yang berbunyi bahwa kurikulum pendidikan dasar dan
menengah wajib memuat ilmu pengetahuan sosial.
Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sebagai mata pelajaran yang wajib
ditempuh oleh peserta didik, merupakan mata pelajaran yang disusun secara sistematis,
komprehensif, dan terpadu sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 22
Tahun 2006. Pembelajaran IPS yang disusun secara terpadu, memiliki tujuan agar
peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada
bidang ilmu yang berkaitan. Oleh sebab itu, pembelajaran IPS di tingkat SMP dan
MTs di Indonesia seharusnya menerapkan pembelajaran IPS secara terpadu.
Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Indonesia banyak dipengaruhi dari
perkembangan Social Studies di negara barat. Social Studies adalah sebutan mata
pelajaran IPS yang ada di sekolah luar negeri seperti di Amerika. Sejumlah
teori dan gagasan Social Studies telah banyak mempengaruhi perkembangan mata
pelajaran IPS sebagai bagian dari sistem kurikulum di Indonesia”. Salah satu
lembaga di luar negeri yang berasal dari Amerika Serikat yang terkenal dengan
nama National Council for Social Studies (NCSS) mendefinisikan dan merumuskan
pengertian Social Studies sebagai berikut: Social Studies is the integrated study
of the social sciences and humanities to promote civic competence. Within the
school program, Social Studies provides coordinated, systematic study drawing
upon such disciplines as anthropology, archaeology, economics, geography,
history, law, philosophy, political science, psychology, religion, and
sociology, as well as appropriated content from the humanities, mathematics,
and natural sciences.
Social
Studies adalah integrasi dari berbagai macam disiplin ilmu-ilmu sosial dan ilmu
humaniora yang dapat mengembangkan kemampuan dan kompetensi kewarganegaraan yang
dimiliki oleh peserta didik. Social Studies terdiri dari berbagai macam displin
ilmu sosial misalnya antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, politik,
agama, sosiologi, bahkan tentang matematika dan ilmu alam.
Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP dan MTs di Indonesia memiliki
salah satu tujuan untuk mengembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap
masyarakat dan lingkungan sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas No. 22 Tahun
2006. Hal ini sejalan dengan tujuan mata pelajaran IPS di negara barat yang dikenal
dengan Social Studies.
Menurut
NCSS mata pelajaran IPS atau Social Studies memiliki tujuan untuk “the primary
purpose of Social Studies is to help young people develop the ability to make
informed and reasoned decision for the public good as citizens of a culturally
diverse democratic society in an interdependent world”. Berdasarkan pendapat
NCSS, maka tujuan utama Social Studies ialah mengembangkan kemampuan peserta didik
dalam kehidupan bernegara dan menjadikan peserta didik sebagai masyarakat yang
demokratis dan mampu bekerja sama dengan masyarakat dunia.
Begitu
pula dengan tujuan mata pelajaran IPS di Indonesia tingkat SMP dan MTs, antara
lain mengembangkan kemampuan berpikir, inkuiri, pemecahan masalah, dan
keterampilan social; membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan;
meningkatkan kemampuan berkompetisi dan bekerja sama dalam masyarakat yang
majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional.
Ruang
lingkup IPS yang didasarkan kepada pengertian dan tujuan dalam Permendiknas No.
22 Tahun 2006 yakni: a) Materi kajian IPS merupakan perpaduan atau integrasi
dari berbagai cabang-cabang ilmu-ilmu sosial dan humaniora, sehingga akan lebih
bermakna dan kontekstual apabila materi IPS didesain secara terpadu; b) Materi
IPS juga terkait dengan masalah-masalah social kemasyarakatan dan kebangsaan,
seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta tuntutan
dunia global; c) Jenis materi IPS dapat berupa fakta, konsep, dan generalisasi,
terkait juga dengan aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan nilai-nilai spritual.
Dengan
demikian ruang lingkup mata pelajaran IPS di SMP dan MTs, merupakan perpaduan
dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial, ilmu humaniora, dan masalah-masalah
sosial baik berupa fakta, konsep, dan generalisasi untuk mengembangkan aspek
kognitif, psikomotor, afektif, dan nilai-nilai spiritual yang dimiliki oleh
peserta didik.
Link Latihan Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru
IPS SMP ----disini-----
Link download Contoh atau Latihan Soal Kompetensi Manajerial dan Kometensi Sosio Kultural Tes PPPK Guru Tahun 2021 (disini)
Demikian
informasi tentang Latihan Soal Tes
Seleksi PPPK Guru IPS SMP Tahun 2021. semoga ada manfaatnya, terima kasih.
EmoticonEmoticon